NTT Mutiara Baru Indonesia Dalam Pembangunan Wisata

Kupang, SuluIndonesianews.com – Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki banyak potensi pariwisata andalan yang sangat beragam dan eksotik sehingga menjadi daya pikat bagi wisatawan baik nusantara maupun mancanegara datang berkunjung ke daerah ini.

Beragam potensi itu mendorong Pemerintah Nusa Tenggara Timur dibawah kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur, Josef A Nae Soi menetapkan sektor pariwisata sebagai prime mover atau pengerak pembangunan ekonomi masyarakat NTT.

Pariwisata telah menjadi magnet yang sangat kuat sebagai sumber yang memiliki prospek yang besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan roda pembangunan ekonomi masyarakat NTT.

Pemerintah NTT terus bekerja keras dalam membangun sektor pariwisata yang sebelumnya kurang dilirik sebagai sektor unggulan daerah ini.

Berbagai daerah di Nusa Tenggara Timur juga terus berlomba-lomba mengerakan sektor pariwisata dengan berbagai cara setelah pembangunan pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat terus mengeliat.

Pemerintah menjadi kawasan wisata di ujung barat pulau Flores ini menjadi destinasi wisata kelas dunia yang akan berimbas pada pembangunan sektor pariwisata di NTT secara keseluruhan.

Pembenahan infrastruktur jalan, fasilitas penginapan, sarana transportasi baik darat maupun laut dan darat terus dibenahi pemerintahan Viktor Bungtilu Laiskodat demi memanjakan wisatawan yang datang berkunjung di nusa Flobamora yang menjadi mutiara baru tujudan destinasi wisata di Indonesia.

Bagi Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat, pembangunan sektor pariwisata merupakan prioritas utama karena potensi wisata baik wisata budaya, wisata religi, wisata alam ada di NTT sangat melimpah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan.

“Potensi wisata yang banyak ini harus dikembangkan menjadi sesuatu yang menarik untuk para wisatawan sehingga datang berkunjung ke NTT. Kedatangan wisatawan itu harus mempu menghidupkan ekonomi masyarakat NTT,” kata Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Menurut Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat bagi warga yang tidak peduli terhadap pariwisata maka akan dilibas oleh pariwisata yang terus bertumbuh dengan pesat.

“Ini bukan gubernur punya mau. Tapi sekarang dunia sedang menuju pariwisata. Karena itu, Bupati yang tidak peduli terhadap pembangunan pariwisata maka dia akan merana seumur hidup,” tandas Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat.

Politisi partai NasDem ini optimistis bahwa sektor pariwisata menjadi prime mover atau motor penggerak roda pembangunan NTT, karena pariwisata mampu berkontribusi terhadap percepatan pembangunan ekonomi masyarakat.

“Sebagai prime mover maka dalam mengurus pariwisata harus mengenal lima (5) A yakni atraksi, akomodasi, aksesibilitas, amenities dan awarnes. Karena itu, saya minta kita semua berpikir dan bertindak pariwisata. Ciri khas orang pariwisata itu adalah percaya diri,” kata Gubernur Viktor.

Dalam mendukung pembangunan sektor pariwisata, Pemerintah NTT terus berbenah guna mewujudkan NTT sebagai forest tourism dengan menjadikan Komodo sebagai destinasi wisata unggulan kelas dunia dan sejumlah destinasi wisata unggulan baik di Timor, Sumba, Rote, Alor dan Flores.

Semakin berkembangnya pembangunan pariwisata dalam dua tahun belakangan ini maka masyarakat NTT tidak hanya menjadi penonton tetapi harus berperan serta dalam pengembangan kawasan wisata demi terwujdunta NTT Bangkit NTT Sejahtera.

“Kita memiliki kekayaan wisata yang sangat luar biasa. Potensi-potensi harus dikelola secara baik dan profesional untuk membangun ekonomi masyarakat,” kata Viktor Bungtilu Laiskodat. (kerjasama Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *