Puskesmas Di Kabupaten Kupang Siaga Cegah Virus Corona

“Semua puskesmas sudah disiagakan dalam menghadapi adanya kasus virus corona,” kata Korinus Masneno”

Oelamasi, SuluIndonesianews.Com – Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno mengatakan telah mensiagakan semua puskesmas untuk mendeteksi secara dini adanya kasus virus Corona atau Covid-19 di daerah itu.

“Kami telah menginstruksikan semua Puskesmas melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan pemeriksaan secara serius terhadap warga yang memiliki riwayat sakit flu dan demam serta batuk,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneno kepada wartawan di Oelemasi, Kamis (19/3/2020).

Korinus Masneno mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mencegah penularan virus Covid-19 di Kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu.

Menurut dia, petugas medis di Puskesmas untuk melakukan isolasi terhadap pasien yang memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah pasca kasus virus corna di sejumlah daerah di tanah air.

“Petugas medis akan mencacat riwayat perjalanan pasien baik dalam negeri maupun ke luar negeri guna mencegah adanya kasus virus corona di daerah ini,” tegas Korinus Masneno.

Dikatakannya, petugas kesehatan setempat juga membantu memberikan edukasi kepada warga tentang pola hidup yang bersih dan sehat dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktifitas.

Ia menambahkan, seluruh camat juga telah diinstruksikan untuk memantau secara ketat terhadap warga yang memiliki gejala demam atau gejalan ganguan sistem pernapasan seperti flu, sakit tenggorokan. sesak napas.

“Apabila ada yang mengalami sakit seperti itu agar segera diarahkan ke Puskesmas untuk diperiksa,”tegas Korinus Masneno. (selvi/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *