Radio Swara NTT Media Masa Kini Menuju NTT Bangkit

Kupang, SuluIndonesianews.com – Kerja keras,cerdas,cepat dan tuntas yang dilakukan Biro Humas dan Protokol Setda NTT dalam mewujud nyatakan visi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef A Nae Soi, yakni NTT Bangkit,NTT Sejahtera semakin nyata dengan hadirnya Radio Swara NTT.

Kehadiran Radio Swara NTT milik pemerintah NTT itu merupakan media masa kini yang mudah diakses melalui program digital sebagai sumber berita bagi masyarakat.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informatika dan bisa diakses melalui Android beragam kegiatan pembangunan di NTT dalam kepemimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef A Nae Soi akan dengan mudah terpantau di seluruh pelosok nusantara bahkan dunia internasional.

Hadirnya Studio Radio Swara NTT di Gedung Sasando, Kantor Gubernur NTT yang telah diresmikan Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Selasa (17/12/2019) merupakan salah satu wujud nyata percepatan yang dilakukan dalam bidang informasi dan komunikasi.

Studio ini terletak di salah satu ruang Biro Humas dan Protokol Setda NTT.

Ruangan berukuran sekitar 4 x 4 meter ini sudah ditempatkan peralatan atau perangkat radio yang digunakan dalam menyebarkan berbagai informasi kepada publik NTT.

Gubernur Viktor Laiskodat yang sempat melakukan siaran perdana di Studio Swara NTT.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengatakan, media adalah sarana penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, bahkan sebagai propaganda.

“Jadi sebagai alat utama dalam melakukan propganda-propaganda. Pak Karo Humas dan semua jajaran mampu menghadirkan sebuah media ini yang bisa berhubungan dengan koran, televisi, facebook, instagram dan media sosial lainnya yang akan bersinergi dan berupaya agar provinsi ini lebih dikenal dengan baik,” kata Viktor.

Radio Swara NTT menurut Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat akan menjadi kekuatan dan akan bersinergi dengan media-media yang ada.

“Jadi hadirnya radio ini bukan untuk mematikan media yang lain,” tegas Viktor.

Dia mengakui, radio itu hanya dengan ruang kecil saja dan tentu akan bekerja sama dengan semua media yang ada.

“Jadi semua radio bisa bersinergi. Ini kan bisa belajar, dari RRI juga bisa ikut berperan, jadi bukan radio independen lalu berdiri sendiri. Radio ini sebagai alat, sehingga kalau ada pikiran -pikiran teknis dari teman-teman bisa melalui sarana ini,” ujarnya.

Dikatakan, radio ini adalah bagian kecil yan terkoneksi dengan semua media yang selama ini menyuarakan soal pembangunan di NTT.

Viktor juga mengatakan, hadirnya media radio tentu dapat memberi informasi baik kepada masyarakat NTT, Indonesia bahkan internasional.

“Kita punya mimpi besar dan harus kita mampu sosialisasikan kepada publik. Cara berpikir pemimpin seperti apa sehingga membuat masyarakat paham, karena itu hadirnya radio ini bukan untuk matikan radio lain,” katanya.

Sementara itu Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr.Marius Jelamu,M.Si, mengatakan, Radio Swara NTT akan digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi kepada publik terkait pembangunan di NTT.

“Kami punya koneksi internasional yang baik, sehingga kami akan melakukan secara internasional. Kami juga akan hubungi warga NTT di luar negeri sehingga minta masukan saran mereka terhadap pembangunan NTT,” kata Marius.

Dikatakan, Radio Swara NTT itu merupakan media streaming yang mana bisa terkoneksi atau jangkauan secara internasional.

“Apalagi nanti terkoneksi dengan facebook dan instagram. Jadi dengan adanya satelit memudahkan semua koneksi internasional,” kata Marius.

Terkait pemanfaatan sarana itu, ia mengatakan, secara teknis telah dipersiapkan.

Dikatakan, bukan saja pimpinan OPD atau pemerintah yang memanfaatkan Radio Swara NTT tapi juga lembaga kemasyarakatan, LSM ,organisasi keagamaan.

“Ini radio kita bersama,karena itu siapa saja yang ingin menyampaikan informasi publik bisa memanfaatkan sara tersebut,” ujarnya.

Sedangkan apresiasi gubernur terhadap dirinya, ia mengakui, Gubernur melihat dan menguasai banyak hal terhadapi banyak hal.

“Saya kira kita harus beri apresiasi karena gubernur sangat gesit dan luar biasa dalam mendorong pembangunan di berbagai sektor,” ujarnya.

Selain launching Studio Radio Swara NTT, Gubernur NTT juga melaunching Ruang Media Center dan melaunching Buku Dunia Tidak Selebar Daun Kelor karya Pater. Piet Salu, SVD yang diterbitkan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Advertorial kerjasama Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT/*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *